Cross selling merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling banyak digunakan dalam kegiatan marketing atau pemasaran. Jauh sebelum kegiatan bisnis online berkembang pesat seperti saat ini, strategi pemasaran cross selling ini sebenarnya sudah banyak diterapkan dan bisa kita temukan dengan mudah di restoran cepat saji maupun bisnis online lainnya.
Pada dasarnya, cross selling adalah hal yang dilakukan untuk mendorong konsumen membeli produk tambahan yang masih relevan dengan apa yang dibelinya. Sebagai contoh, ketika Smart People pergi ke restoran cepat saji dan memesan sebuah burger, biasanya kasir juga akan menawarkan produk tambahan seperti kentang goreng atau minuman.
Penerapan strategi ini tidak selalu digunakan untuk jenis penjualan secara konvensional saja. Pada bisnis online juga bisa menerapkan strategi cross selling. Misalnya, saat berbelanja di sebuah e-commerce dan sudah memasukkan suatu produk ke keranjang belanja, biasanya akan muncul pilihan seperti, “lainnya dari toko ini” atau “lihat juga produk terkait”.
Tujuan cross selling adalah agar pelanggan yang berbelanja bisa menambahkan barang lain ke keranjang belanjaannya. Alasan strategi cross selling ini sangat terkenal dan sangat sering diterapkan oleh berbagai perusahaan karena strategi cross selling sangat efektif.
Tidak hanya mampu meningkatkan keuntungan karena pelanggan menambah produk belanjaannya, ada manfaat lain yang bisa dirasakan oleh perusahaan, karena saat mampu menerapkan cross selling yang tepat, pelanggan merasa puas dengan pelayanan karena bisa menawarkan produk tambahan yang memang dibutuhkan sehingga mereka menjadi semakin loyal.
Selain itu, dalam kegiatan cross selling penjual bisa memperkenalkan kepada calon pelanggan terkait produk baru yang dimiliki oleh penjual. Dengan memberikan tawaran secara langsung dan informasi yang singkat, maka pembeli akan lebih mengetahui informasi produk tersebut. Nah, apakah Smart People sudah menerapkan cara ini untuk meningkatkan penjualan kalian?
Penulis: Wanda Marissa | Illustrator: Arsy Eric