Current Date:

Smart city: yang terbaik di dunia tidak hanya mengadopsi teknologi baru, mereka membuatnya bekerja untuk orang-orang

Kota-kota dengan cepat menjadi "pintar", dan dampaknya pada kehidupan masyarakat bisa sangat besar. Kamera lalu lintas pintar Singapura membatasi...

Kota-kota dengan cepat menjadi "pintar", dan dampaknya pada kehidupan masyarakat bisa sangat besar. Kamera lalu lintas pintar Singapura membatasi lalu lintas tergantung pada volume, dan memudahkan perjalanan ribuan penumpang setiap hari. Di Kaunas, Lithuania, biaya parkir secara otomatis dipotong dari rekening bank pengemudi ketika mereka memarkir mobil mereka. Di banyak kota, waktu bus umum diumumkan di setiap pemberhentian dengan akurasi yang hampir sempurna. Dan WiFi gratis sekarang dapat diakses di seluruh kota, termasuk Buenos Aires, Argentina dan Ramallah, Palestina.

Saat ini, meningkatkan pelayanan perkotaan melalui transformasi digital merupakan bentuk industri besar, yang didominasi oleh Cisco dan IBM. Tetapi gagasan tentang "kota pintar" mencakup lebih dari sekadar penerapan teknologi yang cerdas di daerah perkotaan. Teknologi itu juga harus berkontribusi untuk membuat kota lebih berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang tinggal di sana.

Masalah dengan persepsi

Sumber : kompasiana.com

Ambil contoh kota Paris, misalnya – sebuah kota yang telah memulai proyek ambisius untuk mendesain ulang lanskap perkotaannya. Inisiatif – disebut Reinventer Paris – dimulai dengan menerima saran dari warga tentang cara menggunakan dan merenovasi bangunan usang dan tidak terpakai. Pada saat yang sama, program berbagi sepeda publik velib memperkenalkan sekitar 14.000 sepeda ke penggunaan reguler di seluruh kota, dengan tujuan mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi.

Namun lima tahun setelah diperkenalkan, warga masih belum merasakan manfaatnya. indeks kota pintar menempatkan Paris ke-51 dari 102 kota di dunia, dalam hal kemampuan teknologi kota untuk meningkatkan kehidupan. Banyak peserta dari Paris memberi kota mereka skor rendah 22 dari 100 – di mana nol menunjukkan ketidaksetujuan total dan 100 menandakan persetujuan penuh – dalam menanggapi pernyataan bahwa “polusi udara bukanlah masalah”. Sebaliknya, warga Zurich memberi kota mereka skor 60 sebagai tanggapan atas pernyataan yang sama.

Dan meskipun Reinventer Paris secara khusus dirancang untuk menjadi proses partisipatif dari bawah ke atas, warga Paris memberikan skor 36 dari 100 untuk pernyataan bahwa “penduduk memberikan umpan balik pada proyek pemerintah daerah”. Sebagai perbandingan, kota Auckland menerima skor 71 dari penduduknya, menempatkannya di tempat keenam dalam peringkat keseluruhan.

Di sekitar monumen penting seperti Menara Eiffel dan Museum Louvre, kebersihan memang selalu dijaga agar terkesan rapi dan indah. Tapi di bagian Paris yang lainnya, sampah bertebaran dimana-mana, banyak gelandangan tidak memiliki rumah, dan kotoran anjing tidak dipungut oleh pemiliknya.

Gambaran global

Sumber : tanaza.com

Hanya sejauh teknologi digital membuat perbedaan yang berarti bagi kehidupan masyarakat, kota dapat menjadi cerdas secara efisien. Peringkat dunia menempatkan Singapura, Zurich, Oslo, Jenewa, dan Kopenhagen di lima besar, diikuti oleh Auckland, Taipei, Helsinki, Bilbao, dan Dusseldorf. Kota-kota di peringkat terbawah semuanya berada di negara berkembang atau pasar negara berkembang, termasuk Bogota, Kairo, Nairobi, Rabat, dan Lagos.

Para ilmuwan terkejut menemukan bahwa kota-kota yang terkenal secara global karena adopsi teknologi baru mereka tidak berhasil mencapai peringkat teratas. Hal ini terjadi di beberapa kota di China – yang telah menerima investasi intensif dari pemerintah China untuk meningkatkan akses mereka terhadap teknologi – termasuk Nanjing (peringkat 55), Guangzhou (57), dan Shanghai (59). Demikian pula, Tokyo muncul di posisi ke-62, New York City di posisi ke-38, dan Tel Aviv di posisi ke-46.

Lebih kecil, lebih pintar

Sumber : swedishnomad.com

Kota pintar hanya masuk akal ketika teknologi memenuhi kebutuhan warga. Skema berbagi sepeda hanya akan tampak berguna jika infrastruktur kota memfasilitasi bersepeda – dan percayalah, masyarakat berani menyeberangi Place Charles de Gaulle di Paris hanya pada siang hari dengan sepeda.

Pada saat yang sama, orang menyadari ketika teknologi memecahkan masalah, karena kehidupan mereka menjadi lebih baik. Dalam studi ekstensif di 16 kota – diterbitkan dalam buku Sixteen Shades of Smart – ditemukan bahwa Medellin telah menjadi kota pintar yang sangat sukses karena teknologi menargetkan masalah utama warga – keselamatan. Demikian pula, tanpa investasi besar-besaran, WiFi publik di Ramallah telah berbuat lebih banyak untuk masyarakatnya dengan memberi mereka akses ke dunia luar di kota bertembok, daripada sistem pemantauan polusi udara mana pun.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa kota-kota besar sulit untuk menjadi pintar. Sebagian besar kota di peringkat teratas adalah kota berukuran sedang. Sangat mudah untuk memperluas manfaat teknologi kepada orang-orang di San Francisco (peringkat 12 dengan populasi 884.000) dan Bilbao (kesembilan, dengan populasi 350.000); tetapi jauh lebih sulit untuk melakukan hal yang sama di Los Angeles (35, populasi 4 juta) dan Barcelona (48, populasi 5,5 juta).

Ada 29 kota di dunia dengan populasi lebih dari 10 juta (termasuk wilayah metropolitannya), dan diperkirakan akan bertambah menjadi 43 kota pada tahun 2030. Perbedaan antar kota – bahkan yang berada di negara yang sama – akan terus bertambah, sebagai pemimpin mencari solusi digital untuk masalah perkotaan. Tapi ujian sebenarnya adalah apakah warga merasakan manfaatnya.

Jadi bagaimana smart people, sebagai masyarakat, kita memiliki andil penting dalam smart city, kira-kira hal apa yang akan smart people lakukan?

Penulis: Diva Maharani | Illustrator: Akbar Nugroho

Sumber:

  1. https://www.channelnewsasia.com/singapore/new-technology-driving-traffic-singapore-roads-868646
  2. https://technical.ly/2018/02/02/lithuania-vilnius-innovation-tech-startup-cluster/
  3. https://www.buenosaires.gob.ar/jefaturadegabinete/innovacion/aplicacionesmoviles/ba-wifi
  4. https://www.imd.org/smart-city-observatory/smart-city-index/
  5. https://www.smartcity.press/paris-smart-city-initiatives/
  6. https://blog.velib-metropole.fr/blog/2018/10/23/la-situation-velib/
  7. https://www.ft.com/content/46bc137a-5d27-11e9-840c-530737425559
  8. https://www.imd.org/smart-city-observatory/sixteen-shades-of-smart/
  9. https://worldpopulationreview.com/us-counties/ca/san-francisco-county-population